Endro Kritisi Soal Pemilih ‘Siluman’ Temuan Bawaslu Lampung

Endro mengapresiasi kinerja Bawaslu Lampung dalam melakukan Check dan Ballance dan mengkritisi hasil Coklit yang dilakukan oleh KPU Lampung.
Selasa, 21 Maret 2023 10:59 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Bandar Lampung, Gesuri.id - Anggota komisi ll DPR RI, Endro S. Yahman menyinggung terkait banyaknya pemilih siluman yang menjadi temuan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung.

Endro menyampaikan, banyaknya temuan oleh Bawaslu mengindikasikan bahwa data kependudukan di Provinsi Lampung khususnya di Kabupaten/Kota masih belum baik, karena menurutnya data dasar atau data awal kependudukan untuk Coklit oleh KPU berasal dari Pemerintah Daerah.

Namun politisi PDI Perjuangan kelahiran Pringsewu itu tetap mengapresiasi kinerja Bawaslu Lampung dalam melakukan Check dan Ballance dan mengkritisi hasil Coklit yang dilakukan oleh KPU Lampung. Begitu pun atas kinerja yang dilakukan oleh KPU yang telah menyelesaikan tahapan Coklit sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Sebab lanjutnya, kegiatan Coklit oleh KPU merupakan kegiatan pendataan calon pemilih potensial yang nanti produknya adalah daftar pemilih sementara (DPS), yang akhirnya akan menjadi daftar pemilih tetap (DPT). Kegiatan Coklit ini merupakan kegiatan yang sangat penting karena tahapan ini adalah tahapan pemutahiran data pemilih.

Baca:EndroHarap Pemkab Pringsewu Peka Akan Kebutuhan Masyarakat

Baca juga :