Ganjar Ingatkan Para Diplomat Indonesia Harus Lebih Aktif Melobi di Forum-Forum Internasional

Situasi global saat ini terdapat perubahan yang signifikan, seperti konflik dan masalah pangan yang mendalam. 
Minggu, 12 November 2023 05:47 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Capres Ganjar Pranowo menganggap penting bagi Indonesia, melalui para diplomatnya, untuk lebih aktif berpartisipasi dalam forum-forum internasional guna mencari solusi yang saling menguntungkan.

Apalagi, lanjutnya, situasi global saat ini terdapat perubahan yang signifikan, seperti konflik dan masalah pangan yang mendalam.

Menurut Ganjar, situasi ini berpengaruh terhadap kondisi demokrasi dalam masyarakat dan akhirnya memengaruhi hak-hak warga sebagai anggota masyarakat.

Akibat pandemi, terjadi penurunan ekonomi, konflik merambah berbagai wilayah, dan ternyata hal ini berdampak signifikan pada harga-harga bahan pokok dan kebutuhan pangan. Tidak mengherankan jika hampir semua negara produsen pangan berupaya mengendalikan apakah mereka boleh menjualnya ke negara lain atau menyimpannya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, ungkap Ganjar yang tampil sebagai pembicara dalam acara Pidato Calon Presiden Republik Indonesia: Visi dan Kebijakan Luar Negeri yang diadakan oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia pada Selasa (7/11/2023).

Bagi Ganjar, kerja sama internasional adalah kunci untuk menjadikan dunia ini sebagai tempat yang lebih baik untuk semua.

Baca juga :