Ganjar-Mahfud MD, Pasangan Capres-Cawapres dari 'Akar Rumput yang Solid'

Pengalaman sebagai gubernur Jateng, Ganjar miliki rekam jejak sebagai anggota DPR RI. Mahfud MD malang-melintang dalam bidang eksekutif.
Sabtu, 17 Februari 2024 23:59 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Ganjar Pranowo dan Mahfud MD diusung oleh PDI Perjuangan dan partai-partai koalisinya untuk maju sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam kontestasi Pilpres 2024.

Selain memiliki pengalaman sebagai gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memiliki rekam jejak sebagai anggota DPR RI. Sementara pendampingnya, Mahfud MD, telah malang-melintang dalam bidang eksekutif, yudikatif dan legislatif sepanjang karier politiknya.

Ganjar Pranowo diumumkan sebagai calon presiden oleh Ketua PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada April 2023 silam. Enam bulan kemudian Mahfud MD resmi dipilih sebagai cawapres yang mendampingi Ganjar.

Ganjar sempat menuai kritik dari internal PDI Perjuangan yang menganggapnya terlalu berambisi untuk maju pada Pilpres 2024. Sementara Mahfud akhirnya dipilih dari sejumlah nama yang santer disebut-sebut sebagai kandidat cawapres, antara lain Khofifah Indar Parawansa, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil.

Mahfud MD baru-baru ini mengumumkan pengunduran diri sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam). Ganjar menggambarkan pengunduran Mahfud merupakan pesan moral bagi menteri lainnya yang turut bertarung dalam Pilpres 2024.

Baca juga :