KPK dan PDI Perjuangan Bahas Pendanaan Partai Politik

Pertama terkait pendanaan dan kedua soal sistem integritas partai politik.
Selasa, 12 Maret 2019 18:11 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan safari ke sejumlah partai politik, salah satunya PDI Perjuangan. Kedatangan komisi anti rasuah ini untuk mendiskusikan ihwal pendanaan partai politik.

Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Giri Suprapdiono mengatakan ada dua hal yang mereka bahas selama diskusi berlangsung. Pertama terkait pendanaan dan kedua soal sistem integritas partai politik.

Jadi kurang lebih diskusi kita itu ada dua hal, yang pertama, pendanaan real dan ideal dalam partai politik itu seperti apa. Kedua, bagaimana mengaitkan dengan pembangunan sistem integritas parpol, dimana KPK sudah memperkenalkan Sistem Integritas Partai Politik (SIPP), ungkap Giri di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/3).

Lebih lanjut Giri menyebutkan agar kenaikan pendanaan partai dikaitkan dengan prestasi partai politik. Hal ini fungsinya untuk membangun rekrutmen kadersiasi demokrasi internal dan juga kode etik dari setiap partai politik.

Karena pada dasarnya uang APBN yang akan kita gelontorkan kepada parpol itu adalah uang rakyat juga, jadi bagaimana rakyat bisa mendapatkan yang setimpal, ucap Giri.

Baca juga :