Mahfud Kritik Food Estate saat Bicara Visi-Misi soal Pertanian di Unand

Mahfud lalu menyatakan sepakat dengan Hery soal program food estate gagal.
Rabu, 20 Desember 2023 08:02 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id -Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud Md, menghadiri bedah visi-misi, dan adu gagasan cawapres 2024 di Universitas Andalas (Unand), Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Ada tiga panelis yang bertanya.

Salah satu panelisnya yaitu Hery Bachrizal Tanjung, selalu dosen Fakultas Pertanian Unand. Dia menanyakan terkait pembangunan pertanian seperti apa yang akan dikembangkan Mahfud nantinya jika berhasil bersama Ganjar Pranowo memenangkan Pilpres 2024.

Pembangunan pertanian seperti apa yang 03 ingin kembangkan?Food estatekah, yang telah gagal 5 kali di Indonesia? Sejak saya kuliah itu sudah ada di Palembang. Atau yang lain? Mode swasembada, mode Pak Harto, atau seperti apa? tanya Hery, Senin (18/12/2023).

Mahfud kemudian menjelaskan istilah-istilah dalam pertanian, yaitu kedaulatan, kemandirian, dan keamanan pangan. Menurutnya, kedaulatan pangan berarti kapanpun negara butuh pangan harus tersedia.

Entah dari mana pokoknya harus ada Pak, impor-ekspor. Tapi kalau kemandirian pangan, kapanpun negara harus ada, tetapi harus diproduksi di dalam negeri, jelas Mahfud.

Baca juga :