Pasangan Ganjar-Mahfud Punya Misi BUMN Unggul, Pengamat: Industri Pendukung Harus Kuat

“Mendorong lebih banyak BUMN unggulan untuk bersaing di pasar global dan regional”.
Selasa, 24 Oktober 2023 10:45 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Pasangan calon presiden dan calon wakil presidenGanjarPranowo danMahfud MD(Ganjar-Mahfud) telah merilis dokumen visi dan misi dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024. Dalam dokumen visi dan misi tersebut bertajuk Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari itu pasangan itu memiliki misi membuat Badan Usaha Milik Negara atauBUMNunggul.

Mendorong lebih banyak BUMN unggulan untuk bersaing di pasar global dan regional, terulis dalam dokumen itu dikutip pada Senin (23/10).

Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia Toto Pranoto menanggapi misi tersebut. Menurut dia, ide itu sudah menjadi tantangan kritikal yang dihadapi perusahaan pelat merah itu selama ini. Namun, kondisi itu sudah coba diatasi pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi dengan langkah aksi korporasi berupa pembentukan holding maupun merger beberapa BUMN.

Tujuannya Indonesia akan memiliki lebih sedikit BUMN namun dengan daya saing yang lebih kuat, ujar dia.

Menurut Toto, kluster BUMN yang bisa didorong untuk orientasi global termasuk sektor mineral dan batubara, Mining Industry Indonesia (MIND ID)BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT INALUM, dan PT Timah Tbk.

Baca juga :