Pascapendaftaran ke KPU, Ganjar-Mahfud Menguat, Anies-Imin Stagnan

Ganjar-Mahfud bergerak lebih maju di antara (pasangan) koalisi yang lain"..
Sabtu, 21 Oktober 2023 13:35 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Pasangan Bacapres-Bacawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dinilai semakin menguat setelah pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin stagnan, dan Prabowo Subianto galau menentukan siapa yang akan mendampinginya.

Hal itu terungkap dalam diskusi bertema Pendaftaran Capres Dibuka, Perlombaan Pilpres Dimulai : Ke Mana Arah Politik Jokowi? yang diselenggarakan PARA Syndicate, Jumat (20/10/2023).

Hadir sebagai narasumber Ari Nurcahyo (Direktur Eksekutif PARA Syndicate), Ray Rangkuti (Direktur Lingkar Madani/LIMA Indonesia), Lucius Karus (Peneliti FORMAPPI), dan Arif Susanto (Peneliti Exposit Strategic).

Ari Susanto mengatakan bahwa dua pasangan bacapres-bacawapres yang telah mendaftar ke KPU mampu merepresentasikan perpaduan kekuatan masionalis-religius. Yakni Ganjar-Mahfud dan Anies-Imin.

Namun, pasangan Ganjar-Mahfud cenderung bergerak naik. Ini karena mampu mengambil momentum yang tepat. Ganjar membawa ketegasan terkiat kedaulatan pangan dan dikuatkan dengan Mahfud yang berbicara soal penegakan hukum.

Baca juga :