Puan dan Tantangan Ketua DPR RI Lima Tahun ke Depan

Puan Maharani digadang-gadang akan menempati kursi pimpinan tertinggi di Senayan untuk periode 2019-2024.
Selasa, 14 Mei 2019 16:11 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - Setelah mengklaim sebagai partai pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, PDI Perjuangan juga menyebut kader partainya berhak menduduki kursi ketua DPR RI. Dari hasil Situng KPU dan survei internal, PDI Perjuangan masih dipastikan sebagai partai pemenang Pemilu 2019 dengan perolehan suara terbanyak, yaitu sekitar 20 persen.

Berdasarkan undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), jabatan Ketua DPR memang diberikan kepada anggota DPR yang berasal dari partai pemenang Pemilu.

Baca:PDI Perjuangan Beri Sinyal KuatPuanDuduki KursiKetua DPR

Nama Puan Maharani pun muncul dan digadang-gadang akan menempati kursi pimpinan tertinggi di Senayan untuk periode 2019-2024. Namun apa saja tantangan Ketua DPR RI periode mendatang?

Pengamat politik sekaligus Peneliti senior dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menyebut ada beberapa tantangan yang harus dihadapi calon ketua DPR RI periode mendatang. Salah satunya adalah memperbaiki citra parlemen dalam banyak aspeknya.

Baca juga :