Ingin Perubahan, Empat Suku Besar Yahukimo Dukung Josua

Merasa lima tahun lalu belum ada kemajuan, empat suku besar di Yahukimo ingin perubahan memberikan dukungan kepada Josua dalam Pilgub Papua.
Minggu, 22 April 2018 23:11 WIB Jurnalis - Ranap Simanjuntak

Yahukimo, Gesuri.id Tampaknya pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua nomor urut 2, John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae atau biasa disapa Josua punya dukungan besar di hati kepala suku adat. Bahkan, janji suara tersebut terikat dalam ritual makan bersama dalam tradisi bakar batu.

Jelang akhir pekan lalu, setidaknya empat suku besar di Kabupaten Yahukimo sepakat secara adat untuk memberikan suara 100% kepada pasangan Josua. Menurut Isak Salak, seorang kepala suku di Yahukimo, dalam rapat adat masyarakat empat suku besar yang mendiami Kabupaten Yahukimo, seluruh kepala suku setuju akan mendukung nomor 2 dalam Pilgub Papua lantaran selama lima tahun masa kepemimpinan gubernur lalu, masyarakat di Kabupaten Yahukimo tidak mendapat perhatian dari pemerintah.

Jadi kita sudah sepakat, empat suku besar yakni Yali, Hubla, Kimial, dan Momuna sepakat ikat dan berikan suara, sebutnya di Jayapura, Jumat (20/4).

Baca:Sebagai Anak, Josua Minta Restu Para Ibu di Yalimo

Menurutnya, tanda bukti kesatuan hati seluruh masyarakat dilakukan dengan pesta adat ikat wam oleh suku Yali dan Meg.

Baca juga :