Mengenal Lebih Dekat Sosok Puti Guntur Soekarno

Puti lahir satu tahun setelah kakeknya, Bung Karno, Sang Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia, meninggal dunia
Senin, 26 Maret 2018 14:46 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri, wanita kelahiran Jakarta 26 Juni 1971. Ia merupakan puteri semata wayang Guntur Soekarnoputera dengan Henny Emilia Hendayani. Guntur adalah putera sulung Bung Karno dengan Ibu Fatmawati.

Atas nama yang panjang, saya minta putusan pengadilan untuk menetapkan menjadi Puti Guntur Soekarno, kata Calon Wakil Gubernur Jawa Timur yang mendampingi Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.

Puti lahir satu tahun setelah kakeknya, Bung Karno, Sang Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia, meninggal dunia pada 21 Juni 1970 dan dimakamkan di Kota Blitar.

Kata Puti sendiri memiliki artian nama kecil atau gelar bangsawan perempuan Minangkabau, baik raja maupun datuk. Diketahui Kakek buyut Puti memang berasal dari Minangkabau.

Semasa kecil, Puti pun dekat dengan Neneknya Fatmawati atau biasa dipanggil Bu Fat. Beliau yang telah membuat dan menjahit Bendera Merah Putih dengan kedua tanggannya sendiri.

Baca juga :