Pengelolaan Dana Desa, Eva: Contoh Keberhasilan Desa Ponggok

Berkat dana desa, desa itu dapat yang tadinya bisa dibilang tertinggal, kini telah menjadi desa makmur.
Kamis, 17 Mei 2018 16:48 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi XI DPR RI Eva Kusuma Sundari berharap pengelolaan dana desa dapat digunakan sebijak mungkin untuk kemajuan desa.

Dalam penggunaan dana desa, politisi partai bersimbol Kepala Banteng itu mencontohkan kesuksesan Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Desa itu dapat yang tadinya bisa dibilang tertinggal, kini telah menjadi desa makmur.

Baca:Dana Desa Diharapkan TingkatkanEkonomiPedesaan

Melalui pemberdayaan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Tirta Mandiri yang bisa mendirikan 9 PT untuk berbisnis dan saham dimiliki oleh warga negara. BUMDes Tirta Mandiri berpenghasilan 10 M di tabun 2017, sehingga punya banyak kesempatan untuk membuat program-program santunan manula, membayar BPJS seluruh warga desa, bedah rumah, maupun subsidi bulanan untuk manula, ungkapnya, di Jakarta, Rabu (16/5).

Lebih lanjut Anggota DPR RI dari Dapil Jawa Timur itu menuturkan bahwa, dengan kemandirian usaha yang dikelola Desa Ponggok, kini warga pun mendapat dana tambahan bulanan sekitar Rp500 ribu setiap bulannya dari saham yang dimiliki alah satu PT milik BUMDes Tirta Mandiri.

Baca juga :