Puti Berbaur dan Bertukar Pikiran dengan Budayawan Jatim

Kedekatan Puti Guntur Soekarno dengan budayawan juga tak lepas dari cita-cita ideologis kakeknya.
Minggu, 04 Maret 2018 16:41 WIB Jurnalis - Mohammad Ifan

Surabaya, Gesuri.id Calon wakil gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno kerap berbaur dengan kalangan seniman dan budayawan. Langkah tersebut dilakukan Puti sebagai upaya mengembangkan politik berkebudayaan.

Di Surabaya, Puti sudah memperkenalkan diri dengan komunitas Dewan Kesenian Surabaya (DKS). Pendamping Cagub Saifullah Yusuf ini juga bertemu komunitas budayawan Jawa Timur untuk rembug tahunan dan bertukar pikiran.

Kalau dikatakan strategi khusus sih bukan. Tapi kebetulan kami banyak menerima undangan para kalangan seniman dan budayawan. Tentu kami juga rangkul mereka, kata SW Nugroho, anggota tim pemenangan Gus Ipul-Mbak Puti, Sabtu (3/3).

Menurut Nugroho, upaya kedekatan Puti Guntur Soekarno dengan budayawan juga tak lepas dari cita-cita ideologis kakeknya, proklamator kemerdekaan RI Bung Karno, yakni Trisakti yang pernah dikemukakan Bung Karno pada tahun 1963.

Isi dari konsep Trisakti adalah pertama Berdaulat di Bidang Politik, kedua Berdikari di Bidang Ekonomi dan ketiga Berkepribadian dalam budaya. Sedangkan berjuang dengan seniman budayawan termasuk konsep nomor tiga.

Baca juga :