Agenda PDI Perjuangan Paska Kemenangan Pemilu 2019

Oleh: Eva Kusuma Sundari, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dan Sekretaris Badan Diklat Pelatihan DPP PDI Perjuangan
Jum'at, 26 April 2019 19:29 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Alhamdulillah, PDI Perjuangan juara Pileg dan Pilpres 2019. Bali dan Jateng yang gubernurnya juga PDI Perjuangan, memenangkan pileg secara telak baik di tingkat propinsi maupun kabupaten dan kota. Buah dari kerja keras dan disiplin partai yang patut diapresiasi.

Ketika legislatif dan eksekutif dikuasai oleh PDI Perjuangan, apa yang harus dilakukan? Tantangan yang sama yang dihadapi oleh Senayan, Semarang maupun Denpasar. Jawabnya tunggal, mengawal Nawacita yang sudah dimenangkan rakyat di pilpres 2019 yang kali ini berfokus pada Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Sebagaimana dikatakan Presiden Jokowi dan diulangi oleh Ketum PDI Perjuangan, maka hanya ada satu visi-misi di sistem pemerintahan presidensiil kita, yaitu Nawacita. Artinya, di pemerintahan pusat, tingkat propinsi maupun kabupaten dan kota juga akan menjalankan agenda Nawacita.

Gambaran profil SDM yang akan dibentuk dan yang akan bisa mengantar ke impian Indonesia Emas 2045 adalah Generasi Emas yaitu sosok cerdas, kreatif, inovatif/pencipta, tangguh, berintegritas dan siap berkolaborasi untuk menemukan solusi bagi kemajuan negeri. Hanya SDM yang kompetitif seperti demikian yang akan bisa mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menjadi negara industri yang tangguh.

Di luar kualifikasi teknis di atas, jiwa nasionalisme atau cinta negerilah yang akan bisa menjadi pendorong dedikasi tinggi untuk memajukan NKRI melampaui negara-negara lain. Sehingga, pendidikan dan pengajaran nasionalisme atau kewarganegaraan terutama Pancasila dan pilar-pilar kebangsaan yang lain menjadi keharusan dalam sistem pendidikan kita dari PAUD hingga PT.

Baca juga :