Guru: Mengajar, Mendidik dan Menginspirasi

Oleh : E.Y. Wenny Astuti Achwan, Caleg PDI Perjuangan untuk DPR RI, Dapil NTB 2
Selasa, 27 November 2018 22:53 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

ADA banyak definisi tentang guru. Namun secara umum guru adalah pengajar yang memberikan instruksi kepada pembelajar di sekolah dasar, menengah atau di universitas.

Proses pembelajaran melibatkan dua pihak, pengajar dan pembelajar, yang bekerja bersama dalam beberapa program (materi pelajaran) yang dirancang untuk memodifikasi pengalaman dan pemahaman pembelajaran dalam beberapa cara.

Psikolog Carl Gustav Jung begitu menghargai seorang guru. Ia mengatakan, Seseorang mengingat kembali guru-guru yang hebat, namun bersyukur dengan penuh penghargaan kepada guru yang telah menyentuh rasa kemanusiaannya. Kurikulum lebih penting dari sekedar materi pembelajaran, namun kehangatan adalah elemen terpenting bagi tumbuh kembang dan jiwa seorang anak.

Gambaran peran guru juga dapat dilihat dari data berikut. Dilihat dari jumlahnya, mengajar adalah salah satu profesi terbesar di dunia. Pada akhir abad ke-20 diperkirakan ada sekitar 30 juta guru di seluruh dunia. Data Pendidikan 2016/2017 yang dikeluarkan BPS mencatat sebesar 3,1 juta guru, 25 % di antaranya guru Tidak Tetap yang ada di Indonesia.

Merajut masa depan

Baca juga :