Kapan Pandemi Covid-19 Akan Berakhir?

Oleh: Dr. Harris Turino, Politisi PDI Perjuangan dan Doctor in Stratejik Manajemen.
Jum'at, 05 Februari 2021 21:12 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Kapan pandemi Covid-19 akan berakhir? Ini adalah pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Ada 3 pendapat yang bertentangan. Pertama, sebagian mengatakan bahwa pandemi akan berakhir di pertengahan tahun 2022, yaitu ketika vaksinasi selesai diberikan kepada 7080% penduduk Indonesia.

Ini mengacu pada pernyataan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang mengatakan bahwa dibutuhkan kirakira 15 bulan untuk melakukan vaksinasi masal.

Dasarnya adalah sudah mulai terciptanya herd immunity atau kekebalan komunal di masyarakat, sehingga orang yang sudah divaksin dan tertular Covid-19 tidak akan mengalami gejala berat dan tidak menularkan lagi kepada orang lain. Akibatnya fatalitas bisa dikendalikan dan tingkat penularan sekunder atau biasa dikenal dengan istilah Rt (Reproduction rate) di bawah angka 1, sehingga lama-lama Covid-19 akan hilang dengan sendirinya.

Kedua, pendapat yang lebih optimis yang mengatakan bahwa pandemi ini akan mereda ketika belahan bumi utara memasuki musim panas mulai bulan Juli 2021.

Ini mengacu pada pembelajaran Flu Spanyol pada tahun 1918 yang gelombang keduanya mulai mereda ketika Eropa memasuki musim panas. Studi dari Central ofDesease Control (CDC) Amerika menunjukkan bahwa keganasan penyebaran virus memang menurun ketika suhu dan kelembaban udara mengalami peningkatan.

Baca juga :