Kenapa Jokowi Harus 1 Periode Lagi?

Jokowi akan menjaga Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa dari segala ancaman dan tantangan zaman. 
Sabtu, 20 Oktober 2018 23:23 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

CALON Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) siap melanjutkan kesuksesan pembangunan fisik maupun sumber daya manusia di periode keduanya, jika rakyat masih berkehendak.

Ekonomi mandiri yang diterapkan Jokowi dalam kebijakan ekonominya, selain sesuai dengan cita-cita Trisakti Bung Karno, ia juga berlandaskan Pancasila.

Ekonomi Pancasila adalah ekonomi berkeadilan yang berasaskan gotong royong; tidak terlalu kiri, tidak pula ke kanan. Kemandirian ekonomi yang dicita-citakan Bung Karno tidak anti terhadap asing, namun tetap menjaga kedaulatan ekonomi nasional.

Dalam sambutan pada pembukaan perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asosiasi Negara Lingkar Samudra Hindia (Indian Ocean Rim Association/IORA) 2017 di Jakarta Convention Center, Selasa (7/3), Presiden Jokowi mengatakan, semua negara tentu akan memperjuangkan kepentingan negaranya masing-masing. Hal ini disampaikan Jokowi mengutip pernyataan Proklamator sekaligus Presiden RI pertama Soekarno.

Beliau katakan, Internasionalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak berakar dalam bumi nasionalisme. Sebaliknya nasionalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak hidup dalam taman sari internasionalisme, kata Jokowi.

Baca juga :