Ketika Bung Karno Lepas Pangkat di Makam Rasulullah SAW

Bung Karno menunaikan ibadah haji dan berziarah ke makam Rasulullah SAW di tahun 1955.
Kamis, 13 Juni 2019 12:24 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Presiden pertama Republik Indonesia Dr. Ir. H. Soekarno memiliki beribu cerita unik yang selalu membuat kagum. Tidak hanya dikagumi di dalam negeri saja, namun Soekarno merupakan sosoknya yang juga sangat dikenal di berbagai negeri, salah satunya di Saudi Arabia.

Baca:Harlah Bung Karno dan Saatnya Kembali ke Identitas Bangsa

Ada salah satu peristiwa menarik ketika Bapak Proklamator RI ini menunaikan ibadah haji dan berziarah ke makam Rasulullah SAW pada tahun 1955. Pada saat itu, Bung Karno sapaan akrab Sukarno, melepas segala atribut pangkat kenegaraannya saat akan menghampiri Makam Rasulullah SAW.

Kisah ini diceritakan oleh Sayyid Husein Muthahar, pengarang lagu-lagu perjuangan seperti Hari Merdeka (17 Agustus tahun 45), Hymne Pramuka, Syukur. Ia menceritakan bagaimana Bung Karno sangat menghormati dan mencintai Rasulullah SAW.

Sayyid Muthahar yang ikut dalam rombongan ibadah haji Bung Karno bercerita, saat Bung Karno berjalan di Kota Madinah bersama Raja Saud bin Abdul Aziz, Bung Karno bertanya kepada Raja Saudi, Dimana makamnya Rasulullah SAW wahai raja?.

Baca juga :