Mengenal Ketua DPD Papua Pegunungan, Spei Bidana

Spei Bidana kecil dilahirkan di pedalaman Papua, kini bangkit bangun daerahnya keluar dari zona keterisolasian bersama PDI Perjuangan.
Sabtu, 11 Februari 2023 00:00 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Oksibil, Gesuri.id - Spei Yan Bidana, ST.,M.Si lahir pada 22 Maret 1977 adalah Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang. Politisi PDI Perjuangan ini baru saja dilantik menjadi Ketua DPD PDI Perjuangan provinsi Papua Pegunungan pada 6 Februari 2023 lalu. Sebelumnya ia telah dipercaya merangkap sebagai Ketua DPC kabupaten Pegunungan Bintang, provinsi Papua Pegunungan.

Dalam karier pemerintahannya, Spei Bidana dikenal sebagai sosok yang gencar melakukan upaya terobosan-terobosan pembangunan demi membawa daerahnya segera keluar dari zona keterbelakangan dalam berbagai aspek.

Baca:Bersama PDI Perjuangan, Spei Bidana Bangun Papua Pegunungan

Kabupaten Pegunungan Bintang terletak di provinsi Papua Pegunungan, dikenal dengan medan yang terjal. Sebagai seorang perencana yang telah malang-melintang di dunia birokrasi, baginya untuk keluar dari zona tersebut, hal pertama yang harus dilakukan adalah segera membangun jalan dan jembatan sehingga dapat mendongkrak sektor-sektor lainnya tumbuh berkembang seiring-sejalan.

Spei Bidana dalam tahun pertama menjabat pada 2021 lalu, ia telah berhasil mendirikan sebuah pusat peradaban melanesia Papua yaitu berdirinya Universitas Okmin Papua bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan. Kampus Okmin Papua saat ini telah menyekolahkan ratusan anak-anak dari wilayah Papua Pegunungan.

Baca juga :