Upaya Perubahan Parpol & Sistem Pemilihan Harus Sejalan

Hasto: Partai politik, termasuk PDI Perjuangan memiliki tantangan berat dalam membangun kepercayaan (trust) masyarakat.
Kamis, 26 Januari 2023 21:00 WIB Jurnalis - Haerandi

Bandung, Gesuri.id - Sekjen PDI Perjuangan yang juga mahasiswa program doktoral Universitas Indonesia (UI), Hasto Kristiyanto, mengatakan partai politik, termasuk PDI Perjuangan memiliki tantangan berat dalam membangun kepercayaan (trust) masyarakat. Dan upaya perubahan partai politik (parpol) harus juga disertai perubahan sistem pemilihan.

Baca:Hasto: Muara Pelembagaan Parpol Adalah Ketahanan Parpol

Hasto mengatakan pihaknya mengapresiasi hasil riset yang menemukan PDI Perjuangan menjadi yang tertinggi dalam party id atau identifikasi masyarakat terhadap parpol, dan dipersepsikan paling positif di dalam melakukan pelembagaan partai. Masalahnya, walau tertinggi, secara total angka party id seluruh partai politik sangat rendah, yakni hanya 6,8 persen.

Ini tolak ukurnya kepuasannya sangat rendah. Ya di satu sisi ini tantangan buat parpol untuk membangun trust. Dan di sisi lain, ini salah satu sebabnya liberalisasi politik, dan juga sistem proporsional terbuka yang menyebabkan party id tereduksi oleh elektoral individual-individual yang seringkali tidak membawa platform dan ideologi parpol. Maka sikap PDI Perjuangan mendorong untuk proporsional tertutup, kata Hasto.

Baca juga :