ARW: Minimnya Informasi Kemasan, UMKM Kalah Bersaing

Nilai jual ini meningkat ketika produk makanan yang dihasilkan mendapat nilai tambah dari kemasan yang menarik.
Senin, 26 September 2022 21:12 WIB Jurnalis - Haerandi

Sulsel, Gesuri.id - Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Sulsel H. Ridwan A. Wittiri alias ARW menjelaskan bahwa kemasan (packaging) suatu produk makanan dapat meningkatkan nilai jualnya, karena menyangkut estetika, ketahanan dan keamanan sekaligus merupakan nilai jual dan citra produk makanan itu sendiri.

BacaMaladministrasi! Pj Gubernur Tak Boleh Rangkap Jabatan

Nilai jual ini meningkat ketika produk makanan yang dihasilkan mendapat nilai tambah dari kemasan yang menarik. Sedangkan citra terkait dengan gambaran produk makanan dalam benak konsumen akan semakin baik apabila produk makanan itu dikemas secara baik, dengan kata lain produk makanan dapat memberi kesan baik bagi konsumen, ungkapnya saat membuka kegiatan Pelatihan Pengemasan Makanan Bagi UMKM, yang dilaksanakan oleh Badan Riset dan Inovesi Nasional (BRIN) di Hotel Rindra Jl. Metro Tanjung Bunga Kota Makassar, Senin (26/9).

Dalam sambutannya, ARW menjelaskan mengapa banyak produk UMKM yang masih susah untuk bersaing akibat banyaknya kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Salah satunya, minimnya informasi mengenai pentingnya kemasan terhadap pemasaran produk makanannya.

Baca juga :