Darmadi: Banyak Pelaku UMKM Belum Melek Digital

“Digitalisasi UMKM salah satu upaya yang kita lakukan sehingga dapat membantu pelaku UMKM untuk keluar dari krisis akibat Covid-19".
Sabtu, 04 Desember 2021 23:59 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Malang, Gesuri.id - Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi mendorong penguatan sektor UMKM di Kabupaten Malang, terutama dalam upaya pemulihan karena dampak dari pandemi Covid-19, salah satunya melalui digitalisasi UMKM.

Baca:Gerindra Ngebet Koalisi? Pilpres 2024 Masih Dinamis

Digitalisasi UMKM merupakan salah satu upaya yang kita lakukan sehingga dapat membantu pelaku UMKM untuk keluar dari krisis akibat Covid-19. Di lapangan sering kita temui banyak sekali pelaku-pelaku UMKM yang belum melek digital, terang Darmadi, saat di Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Rabu (1/12).

Berdasarkan data, sebanyak 23,9 persen atau sekitar 15,3 juta pelaku UMKM di Indonesia yang menggunakan platform digital untuk meluaskan pemasarannya. Hal ini, lanjut Darmadi, menunjukkan minimnya pemanfaatan teknologi oleh para pelaku UMKM.

Sedangkan di masa pandemi Covid-19 ini, arah kegiatan perekonomian seringkali dilakukan melalui platform digital, untuk meminimalisir terjadinya kontak secara langsung antara penjual dan pembeli untuk menghindari persebaran Covid-19.

Baca juga :