Hasto Tekankan Penanganan Stunting Jangan di Hilir Masalah

Banyak faktor yang menyebabkan anak kerdil justru sangat dipengaruhi dari kesehatan dan kondisi fisik orang tua.
Jum'at, 13 September 2019 12:30 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Pangkalpinang, Gesuri.id - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan agar semua pihak jangan terlalu terfokus pada penanganan dampak stunting atau kekerdilan di hilir masalah, melainkan harus menyelesaikannya di hulu persoalan.

Tentang stunting saya harap kita jangan ribut dampaknya di hilir tapi di era modern ini kita bisa memikirkan yang di hulunya, jangan sampai kita akhirnya hanya berusaha mengobati data, yang harus kita lakukan adalah mengobati penyebabnya, kata Hasto dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (12/9).

Baca:Ono Minta Kader Perjuangkan Pegawai Pemerintah Non-PNS

Hasto dalam Musyawarah Nasional (Munas) Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) mengatakan banyak faktor yang menyebabkan anak kerdil justru sangat dipengaruhi dari kesehatan dan kondisi fisik orang tua.

Salah satunya adalah memperhatikan jarak kehamilan satu dengan kehamilan selanjutnya. Menurut Hasto, hal ini menyebabkan resiko kematian ibu dan bayi akan naik apabila jarak antar kehamilan sangat dekat. Jarak kehamilan yg dekat ini juga dapat mempengaruhi terjadinya stunting dan persoalan lainnya.

Baca juga :