Megawati Terima Penghargaan dari Purna Paskibraka

Megawati mendapat penganugerahan Lifetime Achievement Bhakti Teratai Putra Indonesia dari Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia
Sabtu, 10 November 2018 23:27 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri mengisahkan sejarah bendera merah putih yang sarat dengan perjuangan dan cerita-cerita yang belum pernah diungkapkan sebelumnya.

Cerita itu disampaikan saat Megawati mendapat penganugerahan Lifetime Achievement Bhakti Teratai Putra Indonesia dari Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka HUT ke-25 Paskibraka Indonesia di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu (10/11).

Putri kandung Bung Karno ini mengaku mendapatkan cerita soal bendera Merah Putih dari ibunya yang notabene adalah penjahit bendera Pusaka yaitu Fatmawati. Megawati menuturkan, pada tahun 1944, Bung Karno dan Fatmawati merasa sudah semakin dekat dengan cita-cita besar mereka yaitu kemerdekaan Indonesia.

Waktu itu ibu saya masih mengandung kakak saya. Beliau lalu menjahit bendera merah putih. Jaman Jepang saat itu susah sekali mendapat kain warna merah, kalau warna putih banyak, ungkap Megawati.

Ibu saya cerita, yang memberikan kain warna merah justru orang Jepang yang waktu itu simpati dengan kita. Dia seorang pengusaha. Lalu sama ibu saya kain itu dijahit dan disimpan, kenang Megawati.

Baca juga :