Untari: Ekskavasi Situs Kumitir Terus Alami KemajuanĀ 

Terbukti dengan ditemukannya struktur batu bata baru yang sementara diasumsikan dan diprediksi sebagai istana Bhre Wengker & Rani Daha.
Selasa, 21 September 2021 10:16 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Mojokerto, Gesuri.id - Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Dr. Sri Untari Bisowarno, melakukan monitoring ekskavasi situs Kumitir yang terletak di Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo.

Baca:PDI Perjuangan Pastikan Tak Inginkan Presiden Tiga Periode

Untari mengatakan ekskavasi yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) ini terus menunjukkan kemajuan, terbukti dengan ditemukannya struktur batu bata baru yang sementara diasumsikan dan diprediksi sebagai istana dari Bhre Wengker dan Rani Daha, mertua dari Prabu Hayam Wuruk, raja keempat kerajaan Majapahit yang memerintah antara tahun 1350-1389 masehi.

Saya hari ini sedang melakukan monitoring ekskavasi yang dibiayai oleh APBD Provinsi Jawa Timur di situs Kumitir yang letaknya di Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo. Jadi, tadi mulai dari sana saya ditunjukkan oleh temen-temen BPCB dari saya pertama kali ke sini, 6 bulan yang lalu, dan ini sudah ada kemajuan dengan ditemukannya struktur batu bata yang diprediksi sebagai istana timur yang merupakan istana dari Bhre Wengker dan Rani Daha, terang Untari disela-sela kunjungannya.

Baca juga :