1 Juni Refleksikan, Bumikan, Warisi Gagasan Soekarno-Hatta

Forum Rektor: Nasionalisme sedang diuji nilai-nilai baru.
Rabu, 01 Juni 2022 15:36 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Peringatan hari lahir Pancasila kali ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan, membumikan dan mewariskan ide dan gagasan Soekarno-Hatta sebagai bekal Indonesia melompat ke masa depan. Untuk itu perlu merapatkan barisan, bergerak serentak melahirkan pelajar Pancasila dan mewujudkan merdeka belajar.

BacaPancasila Perekat NKRI, Tanpanya Tidak Ada Indonesia Raya

Demikian disampaikan Mendikbudristek Nadiem Makarim saat berbicara di Seminar Nasional Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) bertema Membumikan Ide dan Gagasan Soekarno-Hatta* dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, Rabu (1/6).

Tentu tidak ada yang meragukan kedaulatan Pancasila yang sampai hari ini menjadi petunjuk bagi kita menjalani kehidupan bermasyarakat dan bertanah air. KIta harus mengakui zaman sudah berubah. Generasi muda kita punya cara berbeda dalam memaknai semangat nasionalisme dan kebangsaan. Oleh karena itu, upaya untuk membumikan pemikiran Bung Karno-Bung Hatta perlu dilakukan. Bukan untuk mengurangi esensi ide beliau, tapi untuk mewariskan kepada generasi penerus Indonesia, beber Nadiem.

Dijelaskannya, itu yang jadi semangat pendidikan Pancasila yang diterapkan kementeriannys melalui kebijakan merdeka belajar.

Baca juga :