Anas Minta ASN Lebih Adaptif Dalam Bekerja

Lebih adaptif dalam bekerja untuk menyempurnakan penerapan core values Ber-AKHLAK yang saat ini dinilai belum baik.
Minggu, 29 Januari 2023 23:59 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menilai aparatur sipil negara (ASN) perlu lebih adaptif dalam bekerja untuk menyempurnakan penerapan core values Ber-AKHLAK yang saat ini dinilai belum baik.

Soal adaptif ini jadi PR (pekerjaan rumah). Jadi, kami sejak menjabat dengan tim ingin mengurai berdasarkan data, nah dari data bakal kelihatan, ujar Anas kepada wartawan usai memberikan arahan dalam acara Sosialisasi Permenpan RB Nomor Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (27/1).

Baca:Transformasi Penataan JF Menuju Birokrasi Berkelas Dunia

Sebelumnya, Anas mengatakan berdasarkan Survei Kemenpan RB terhadap ASN dan PNS terkait indeks penerapan nilai-nilai berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif (Ber-AKHLAK) saat mereka bekerja ditemukan bahwa seluruh instansi pemerintah di Indonesia mendapatkan rapor merah atau nilai kurang baik dalam indikator adaptif. Menurut Anas, hal tersebut disebabkan sebagian ASN yang merasa bekerja di zona nyaman.

Baca juga :