Ansy-Kementan Beri Bantuan Dana Untuk Petani NTT 

“Anggaran Satu Miliar Rupiah tersebut digunakan untuk memproduksi benih bawang putih, padi & jagung dengan menerapkan standar perbenihan",
Jum'at, 02 Juli 2021 14:48 WIB Jurnalis - Hiski Darmayana

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi IV DPR RI Yohanis Fransiskus Lema, S.IP, M.Si (Ansy Lema) bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) RI memberikan bantuan sebesar Rp. 1.000.000.000 (Satu Milyar Rupiah) untuk pengembangan benih ungguldi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tiga daerah dan komoditas yang dikembangkan di NTT adalah Kabupaten Timor Tengah Selatan (bawang putih), Kabupaten Sumba Barat Daya (padi), dan Kabupaten Malaka (jagung).

Baca:PPKM, Puan Ajak Rakyat Bulatkan Tekad Akhiri Status Darurat

Anggaran Satu Miliar Rupiah tersebut digunakan untuk memproduksi benih bawang putih, padi dan jagung dengan menerapkan standar perbenihan, mendukung padat karya bimbingan teknis (bimtek) kepada petani, pengadaan pupuk, pendampingan teknologi benih dan membuat lahan percontohan. Jadi petani tidak hanya diberikan benih, namun mendapat pendampingan berkelanjutan, ujar politisi muda PDI Perjuangan itu, Kamis (1/7).

Untuk memperlancar kegiatan pengembangan benih, Ansy didukung oleh Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT yang merupakan bagian dari Balitbangtan Kementan. Sebelum memberi bantuan, ia telah berdiskusi dengan BPTP NTT untuk menentukan benih komoditas yang mencerminkan karakter lokal dan menjawab kebutuhan NTT saat ini.

Ia mendengarkan paparan riset dan inovasi perbenihan dari BPTP untuk dikembangkan di daerah-daerah penerima.

Baca juga :