Cok Ace: Pemulihan Wisata Bali Butuh Kerjasama Semua Pihak

Kondisi pariwisata Bali beserta para pelaku usahanya serta masyarakat umum, yang berada pada titik kondisi memprihatinkan.
Senin, 20 Desember 2021 13:00 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Badung, Gesuri.id - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) mengatakan pemulihan Bali dari pandemi akan terjadi dalam kurun waktu 3-4 tahun ke depan. Dalam rentan waktu tersebut semua komponen masyarakat diharapkan melakukan pergerakan dan semua memiliki peran penting dalam pemulihan tersebut.

Baca:UMP DKI Berubah-ubah, Anies Baswedan Setengah Hati ke Buruh

Termasuk dalam pembaharuan pariwisata Bali, ujarnya saat menghadiri dan membuka secara resmi penyelenggaraan Festival Pandawa ke X dan Kontes Bonsai Nusantara The Max Under 30cm di Pantai Pandawa, Desa Adat Kutuh, Badung, Rabu (15/12).

Cok Ace menuturkan, kondisi pariwisata Bali beserta para pelaku usahanya serta masyarakat umum, yang berada pada titik kondisi memprihatinkan. Terdampak paling parah akibat pandemi Covid 19, sehingga perekonomian Bali mengalami kontraksi paling parah diantara provinsi lainnya di Indonesia.

Ia mengulas pernyataan yang menyampaikan Bali akan pulih dari pandemi dalam kurun waktu 3 4 tahun ke depan dan menilai masyarakat Bali tak bisa hanya diam selama kurun waktu pemulihan tersebut. Mengingat lebih dari 50 persen masyarakat Bali telah ketergantungan pada sektor pariwisata. Untuk itu, ke depan dirancang pengembangan sektor lainnya beriringan dengan sektor pariwisata menuju ketahanan ekonomi Bali yang lebih baik.

Baca juga :