Disertasi Hasto Tempatkan Pancasila, Garis Hidup Dunia Baru

Geopolitik Soekarno terarah bagi kepentingan NKRI kini dan erat dengan isu geopolitik regional dan internasional.
Kamis, 09 Juni 2022 22:28 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Pengamat pertahanan dan militer Connie Rahakundini Bakrie mengatakan disertasi Hasto Kristiyanto berjudul Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno dan Relevansinya terhadap Ketahanan Pertahanan Negara, dimaknainya bahwa negeri ini seharusnya sadar tidak bisa menjalankan politik luar negeri dan pertahanan kelas medioker atau biasa saja, yang lahir tanpa visi misi.

BacaDisertasi Hasto Layak Dijadikan Bacaan Pengambil Kebijakan

Menurut dia, geopolitik Soekarno terarah bagi kepentingan NKRI kini dan erat dengan isu geopolitik regional dan internasional.

Jelas terbaca pengaruhnya terhadap kepentingan nasional dan pertahanan. Dibuktikan dengan pembebasan Irian Barat, peta jalan koridor pembangunan, pelembagaan pertahanan negara, hingga koridor kepentingan nasional dan pengaruhnya terhadap dunia meliputi proyeksi Pasifik sebagai pivot (poros) dunia, Pancasila sebagai life line (garis kehidupan) dunia baru, Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non-Blok sebagai inspirasi kemerdekaan bangsa-bangsa Asia Afrika, serta tata dunia baru tanpa imperialisme dan kolonialisme, kata Connie, Kamis (9/6).

Baca juga :