Effendi: Kompleks PON XX Papua Masih Seperti Tahun 60-an

"Kalau selama ini upaya pemerintah melakukan pembangunan, saya kira biasa-biasa saja".
Minggu, 26 September 2021 09:01 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Effendi Simbolon menilai kompleks PON XX Papua masih seperti tahun 1960-an.

Baca:Korupsi Lahan Munjul, Gembong: Terkait Program DP Nol Persen

Kalau selama ini upaya pemerintah melakukan pembangunan, saya kira biasa-biasa saja. Saya jujur pribadi ingin membangun kemajuan yang berarti bagi papua. Saya kira infrastruktur yang kita bangun seperti membangun kompleks PON, saya dengan segala hormat mengatakan dari bentuk bangunannya saja tidak menunjukkan bahwa kita ingin memajukan mereka 50 tahun ke depan, bangunan-bangunannya seperti tahun 60-an, kritik Effendi secara virtual dalam Dialektika Demokrasi yang bertajuk Jalan Terjal Pemberantasan KKB di Papua di Media Center DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (23/9).

Ia juga mengaku sulit untuk membuat definisi tunggal untuk berbicara tentang Papua, khususnya mengenai gerakan separatis atau teroris yang dikenal dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Apa pun terminologinya, intinya mereka sebenarnya ingin memperjuangkan kembali hak referendum mereka, kira-kira itu intinya, kata Effendi.

Baca juga :