Elva Minta BBPLK Medan Bekali Peserta Dengan Bahasa Asing

Jika PMI memahami bahasa tempat ia bekerja, tentu saja akan mengurangi tekanan dalam bekerja dan bisa meminimalisir terjadinya miskomunikasi
Sabtu, 21 November 2020 10:42 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Medan, Gesuri.id - Anggota Komisi IX DPR RI Elva Hartati mengungkapkan, penting bagi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, Sumatera Utara untuk membekali peserta pelatihan dengan penguasaan bahasa asing.

BBPLK Medan ini akan dijadikan bertaraf internasional, tapi kejuruan bahasanya tidak ada. Tolong dimasukkan kejuruan bahasa, karena para PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang akan bekerja di luar negeri harus diutamakan memiliki kemampuan berbahasa Inggris, Jepang, Korea atau bahasa di negara-negara membutuhkan para PMI, kata Elva kepada Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali di Medan, Sumut, Kamis (19/11).

Baca:Dewi Aryani Resmikan 3BLKdi Pesantren Kabupaten Tegal

Politikus PDI Perjuangan ini menambahkan, jika seseorang PMI memahami bahasa tempat ia bekerja, tentu saja akan mengurangi tekanan dalam bekerja dan bisa meminimalisir terjadinya miskomunikasi antara PMI dengan yang mempekerjakannya di luar negeri.

Baca juga :