Ganjar Dorong Keterbukaan Informasi Publik Kabupaten/Kota

Keterbukaan informasi publik ini selaras dengan misi Pemprov Jateng terkait pemerintahan yang transparan dan akuntabel.
Rabu, 10 Oktober 2018 15:50 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id Keterbukaan informasi publik di Provinsi Jawa Tengah sudah sangat baik. Akan tetapi, keterbukaan informasi publik yang sudah baik dilakukan Pemprov Jateng itu belum sepenuhnya dicontoh oleh sejumlah kabupaten/ kota lain di provinsi ini.

Keterbukaan informasi publik di Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah sudah bagus dan sangat terbuka. Bahkan pak Gubernur sendiri yang menjamin. Namun permasalahannya, hal ini tidak diikuti oleh pemerintah kabupaten/ kota yang ada di provinsi ini, kata Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Tengah, Sosiawan saat melakukan audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Selasa (9/10).

Untuk itu, dalam pengurusannya kali ini pihaknya mengaku akan terus mendorong keterbukaan informasi publik di Jawa Tengah, khususnya di tingkat kabupaten/ kota.

Kami akan mendorong kabupaten/ kota agar bisa lebih terbuka dan transparan dalam seluruh kinerjanya, termasuk dalam bagaimana mengelola anggaran dan mempertanggungjawabkan anggaran kepada publik agar tercapai akuntabilitas publik, tambah dia.

Selama ini, lanjut Sosiawan, keterbukaan informasi publik di kabupaten/ kota memang masih perlu didorong. Hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya sengketa informasi yang masuk ke KI Provinsi Jateng yang didominasi sengketa dari kabupaten/ kota.

Baca juga :