Ganjar: e-Katalog Lokal Hindari Rumitnya Administrasi

e-katalog bisa mendorong produk-produk lokal dan memberikan peluang lebih banyak kepada produsen lokal.
Rabu, 01 Agustus 2018 09:59 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah (LKPP) RI melakukan penandatangan MoU untuk mengembangkan e-katalog lokal di Jawa Tengah. Hal itu dilakukan untuk mengefisienkan pengadaan barang dan jasa, sekaligus mendukung pencegahan tindak pidana korupsi yang sering terjadi dalam pengadaan barang dan jasa,

Penandatangan MoU tersebut dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Kepala LKPP RI Agus Prabowo, disaksikan Deputi Pencegahan KPK Asep Rahmat Suwandha dan Wakapolda Jateng Brigjen Pol Indrajit, di Kantor Gubernur Jawa Tengah Gedung B lantai V, Selasa (31/7).

Baca: Ganjar Beri Solusi bagi Guru dan Pegawai Honorer

Gubernur Ganjar engatakan adanya e-katalog lokal akan membantu pemerintah dalam melakukan penyerapan anggaran dan belanja daerah, karena performa buruk pemerintah dalam penyerapan anggaran sering kali terjadi saat pengadaan barang dan jasa sering kali gagal lelang. Sehingga harus ditunda dan dilakukan lelang ulang berkali-kali.

Melalui e-katalog ini pemerintah bisa menghindari rumitnya administratif birokrasi yang membutuhkan waktu lama. Sehingga program-program pembangunan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat waktu.

Baca juga :