Ganjar: Porsi APBN Ekonomi Kreatif Sangat Mungkin Ditingkatkan

Ini dalam rangka mendukung pengembangan pelaku dan industri ekraf nasional. 
Senin, 18 September 2023 07:00 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo mengharapkan, porsi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk ekonomi kreatif (ekraf) bisa ditingkatkan.

Hal ini dalam rangka mendukung pengembangan pelaku dan industri ekraf nasional.

Baca:Bus Ramah Difabel Ganjar Pranowo Diharapkan Lebih Banyak ke Depannya

(Porsi APBN Ekraf) sangat mungkin sekali ditingkatkan, kata Ganjar usai menjadi pembicara dalam acara Road to Idea Fest, di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (31/8).

Menurut Ganjar, porsi belanja negara untuk pariwisata dan ekonomi kreatif sebesar Rp 3,6 triliun atau sekitar 0,16 persen dari total APBN.

Sementara berdasarkan masukan dari para pelaku ekraf, salah satu permasalahan utama penguatan industri ekraf adalah dukungan dari pemerintah untuk pembiayaan.

Ia mencontohkan, seperti gelaran event berskala nasional yang potensial untuk dikembangkan, lantaran sudah banyak event yang terselenggara dengan bagus seperti Pestapora.

Cuma keluhannya sama, dukungan pemerintah. Makanya, dukungan apa yang diperlukan? Uang. Maka, perlu budget, perlu anggaran, untuk bisa membuka ruang festival agar industri kreatif kita bisa muncul, ucap Ganjar.

Baca juga :