Gubernur Maluku Puji Program Penanganan Banjir di 5 Sungai 

Gubernur Maluku mengapresiasi perhatian besar yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemprov Maluku, khususnya di Kota Ambon.
Selasa, 29 Maret 2022 15:01 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Ambon, Gesuri.id - Gubernur Maluku Murad Ismail mengapresiasi perhatian besar yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemprov Maluku, khususnya di Kota Ambon melalui program Flood Management in Selected River Basin (FMSRB) sejak tahun 2019, khususnya untuk pengelolaan banjir secara terpadu pada lima sungai di wilayah Kota Ambon.

Baca:Papua Memanas, TB Hasanuddin: Kebijakan Politik Harus Tegas!

Ia menjelaskan wilayah Ibu kota provinsi Maluku tergolong rawan akan ancaman banjir dan tanah longsor, karena kedua jenis bencana ini saling berkaitan atau disebut bahaya ikutan. Karena itu, lanjutnya, sasaran program FMSRB tersebut adalah meningkatnya kapasitas pengelolaan risiko banjir berbasis masyarakat.

Pengelolaan risiko banjir dilakukan secara terpadu melibatkan beberapa OPD Provinsi Maluku dan Kota Ambon, instansi vertikal dan masyarakat di sekitar daerah aliran sungai.

Artinya keterpaduan pengelolaan risiko banjir dari hulu hingga ke hilir, diharapkan akan berdampak pada pengurangan risiko banjir dapat diminimalisir, karena pengelolaan risiko diintervensi oleh berbagai pihak, katanya dalam Pelatihan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku yang diikuti perwakilan dari 11 kabupaten/kota di Maluku di Ambon, Senin (28/3).

Baca juga :