Hari Lahir Pancasila, Novita Hardini Tingkatkan 3 Kualitas Kemerdekaan di Bidang Pendidikan, Kesehatan & Ekonomi Keluarga

Novita Hardini turut berjuang menggelorakan kembali spirit juang Pancasila dalam Implementasi kehidupan generasi saat ini.
Jum'at, 02 Juni 2023 12:00 WIB Jurnalis - Haerandi

Trenggalek, Gesuri.id - Srikandi PDI Perjuangan Novita Hardinimengatakan untuk memahami gagasan besar Bung Karno dalam melahirkan Pancasila harus turut berjuang menggelorakan kembali spirit juang Pancasila dalam implementasi kehidupan generasi saat ini.

Baca;Pancasilaisme: Refleksi Menyambut Bulan Bung Karno

Diketahui, nama Pancasila disusun dari kata Panca dan Sila. Panca artinya lima, sedangkan Sila artinya prinsip atau asas yang kemudian lima prinsip dasar inilah yang menjadi pedoman ideologi Nasional Indonesia.

Sejarah ini bermula dari kekalahan Jepang pada saat Perang Pasifik di bulan Juli 1944, seperti yang dilansir dari laman resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP-RI). Jepang yang mengalami kekalahan, kemudian berusaha mendapatkan hati masyarakat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan, terangnya, Kamis (1/6).

Baca juga :