Hasyim Dorong Pemko Medan Beri Perhatian Besar terhadap Pelaku UMKM

Pengembangan UMKM perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat.
Jum'at, 29 Maret 2024 23:30 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Medan, Gesuri.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Hasyim SE mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Medan memberi perhatian besar kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), baik dari sisi permodalan, pelatihan dan pemasaran produk-produk yang dihasilkan.

Pengembangan UMKM perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya, ujar Hasyim SE, Jumat (22/3/2024) menanggapi disahkannya Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan tentang Perlindungan dan Pengembangan UMKM.

Dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Medan ini, kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) perlu diupayakan lebih kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya UMKM.

Pemko perlu meningkatkan perannya dalam memberdayakan UMKM disamping mengembangkan kemitraan usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nya.

Ada beberapa masalah umum yang dihadapi para pelaku UMKM dalam pengembangan usahanya antara lain pemasaran, modal dan pendanaan,pemakaian bahan baku, produksi, penyerapan tenaga kerja dan juga kesiapan menghadapi tantangan lingkungan eksternal, ujar Hasyim yang lolos menjadi Caleg DPRD Sumut Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara 1 pada Pileg 2024 kemarin.

Baca juga :