Jateng Akan Tiru Korsel Tangani Wabah Corona

Pemprov Jateng juga menambah persediaan hand sanitizer yang selama ini terbatas produksinya.
Kamis, 19 Maret 2020 10:41 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya mencari solusi mengantisipasi mewabahnya virus Corona di wilayahnya. Salah satunya, akan mencontoh negara Korea Selatan dalam menangani wabah Corona.

Pengalaman di Korea, maskernya sehari diproduksi 10 juta (lembar), dinaikkan 14 juta (lembar) per hari dan harus. Kita mesti tiru itu, kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai Rapat Evaluasi Perkembangan Corona di Ruang Lapor Gubernur Jateng, Gedung A Lantai 2 Kantor Gubernur, Rabu (18/3).

Menurut Ganjar, pihaknya juga menambah persediaan hand sanitizer yang selama ini terbatas produksinya karena ketersediaan alkohol yang terbatas, dengan memproduksi sendiri. Apalagi, beberapa perguruan tinggi dan SMK telah berhasil menemukan berbagai bahan lain jadi sanitizer.

Ini kesempatan bangsa ini mandiri. Ini kesempatan bangsa ini berdikari, harapnya.

Ganjar juga memantau langkah kuratif atau pengobatan untuk penyembuhan penyakit, hingga pengurangan penderitaan akibat penyakit, sekaligus pengendalian penyakitnya. Termasuk, mendata persoalan penyediaan alat kuratif yang saat ini masih kurang, seperti masker, baju astronot, hingga Virus Media Transfer (VTM).

Baca juga :