Jokowi Harap Riset Beri Manfaat Nyata, Jangan Tumpang Tindih

Presiden: Konsentrasi kita bukan hanya pada upaya memperbesar anggaran riset saja.
Rabu, 11 Desember 2019 18:42 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya membangun dan memperkuat ekosistem untuk berkembangnya riset dan berkembangnya inovasi. Mulai dari regulasi, SDM (Sumber Daya Manusia), kelembagaan, sistem insentif dan sambungannya dengan industri hak cipta hingga anggaran dalam melakukan riset dan inovasi.

Baca:Jokowi SebutAnggaran RisetIndonesia Capai Rp26 Triliun

Konsentrasi kita bukan hanya pada upaya memperbesar anggaran riset saja tapi bagaimana membuat anggaran riset menjadi efektif, memberikan hasil yang nyata, memberikan manfaat yang nyata, kata Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas) tentang Strategi Pengembangan Riset dan Inovasi serta Penataan Badan Riset dan Inovasi Nasional, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/12) sore.

Tumpang tindih agenda riset yang menyebabkan pemborosan anggaran, tegas Presiden, harus segera diakhiri. Ia meyakini anggaran riset yang masih tersebar di berbagai kementerian, di berbagai lembaga jika dipadukan dengan peta jalan yang benar output dan outcome yang terukur akan sangat bermanfaat bagi kemajuan negara.

Baca juga :