Kepedulian Jokowi Pada Muslim Rohingya Sangat Besar

Bagi Jokowi, isu keamanan di Rakhine State ini sangat penting.
Senin, 24 Juni 2019 20:30 WIB Jurnalis - Hiski Darmayana

Jakarta, Gesuri.id - Kepedulian Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada umat Islam Rohingya memang luar biasa besarnya. Di KTT ASEAN ke-34 Presiden Jokowi secara khusus membahas masalah keamanan etnis Rohingya di Rakhine State, Myanmar dalam pertemuan bilateral nya dengan State Counsellor Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Bagi Jokowi, isu keamanan di Rakhine State ini sangat penting. Karena apabila Rakhine tidak aman, maka repatriasi atau pemulangan kembali etnis Rohingya sulit dilakukan. Etnis Rohingya pun bisa terancam oleh kekerasan setiap saat.

Baca:JokowiPaparkan Kontribusi Indonesia BagiMuslim Rohingya

Dalam pertemuan retreat KTT yang sama di Hotel Athenee, Bangkok, Thailand, Minggu (23/6), Jokowi kembali mengangkat isu Rohingya. Jokowi mengingatkan para Pemimpin ASEAN untuk membantu Myanmar mempersiapkan repatriasi yang sukarela, aman, dan bermartabat khususnya bagi etnis Rohingya.

Kepeduliaan Presiden Jokowi pada nasib etnis Rohingya sejatinya telah tampak sejak lama. Berbagai bantuan kemanusiaan telah diberikan pemerintah Jokowi pada warga Muslim Rohingya.

Baca juga :