Lasarus Minta BMKG Aktif Petakan Jalur Gempa di Indonesia

Lasarus: Untuk mengantisipasi siklus 20 tahun gempa serupa di Cianjur.
Rabu, 07 Desember 2022 09:35 WIB Jurnalis - Ali Imron

Jakarta, Gesuri.id - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus meminta BMKG aktif memetakan jalur gempa yang ada di Indonesia untuk mengantisipasi siklus 20 tahun gempa serupa di Cianjur.

Baca:Puan Dorong Peningkatan Investasi di RI ke Parlemen Qatar

Dari BMKG mungkin perlu untuk memetakan secara aktif dan ini melihat sejarah dari paparan tadi. Ini kan terjadi berulang saya baca di media juga menurut Presiden tadi siklus 20 tahunan dan seterusnya menurut saya perlu dipetakan daerah-daerah yang dilalui dari lempengan ini, tegas Lasarus dalam rapat dengarpendapat Komisi V dan BMKG, baru-baru ini.

Lasarus juga mengingatkan soal pembangunan rumah di sekitar lokasi yang tidak sesuai standar. Ia berharap, setelah BMKG memetakan wilayah, pihak terkait bisa lebih memerhatikan dampaknya.

Pemerintah nanti akan memberi roadmap kepada masyarakat yang ada di jalur gempa. Ketika mereka membangun rumah harus ada sisi-sisi teknis yang harus dipertimbangkan. Kalau tidak masyarakat kekurangan informasi. Kalau ada kekurangan informasi dari kita, BMKG, pemerintah itu kesalahan kita. Itu harus kita perbaiki, urainya.

Baca juga :