Motor Pembangunan Desa, Ganjar Minta PLD Perkaya Referensi

Tugas paling penting PLD adalah mengarahkan pemerintah dan masyarakat desa dalam membangun secara optimal.
Selasa, 25 September 2018 11:48 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Karanganyar, Gesuri.id Pendamping Lokal Desa (PLD) sebagai motor pembangunan desa dituntut memiliki banyak referensi dan literatur. Sehingga, bisa membantu pengoptimalan pembangunan desa sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing desa.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat membuka Pelatihan Peningkatan kapasitas Pendamping Lokal Desa (PLD) pada Program Inovasi Desa (PID) di Provinsi Jawa Tengah yang digelar di Hotel Lor in Karanganyar, Senin (24/9) malam.

Baca: Ganjar Harap Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan Menyebar

Teman-teman PLD menjadi penting untuk punya banyak referensi, banyak literatur, dan peningkatan kapasitas. Sehingga disamping pengetahuan, panjenengan harus punya keterampilan. Jadi saat melihat potensi bisa tahu harus berbuat apa dan inovasinya seperti apa, katanya.

Ganjar mengatakan tugas paling penting PLD adalah mengarahkan pemerintah dan masyarakat desa, dalam membangun dan mendayagunakan secara optimal potensi yang dimiliki desa tersebut dengan ide-ide yang dimiliki. Sehingga bisa melahirkan inovasi-inovasi baru yang mampu memajukan desa.

Baca juga :