Partai Serahkan Sepenuhnya Komposisi Kabinet pada Jokowi

PDI Perjuangan mempersilakan apapun keputusan Jokowi untuk menyusun kabinet yang akan dipimpinnya.
Senin, 14 Oktober 2019 23:14 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jakarta, Gesuri.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan Partai menyerahkan sepenuhnya komposisi kabinet kepada Joko Widodo sebagai Presiden terpilih yang memiliki hak prerogatif menentukan siapa saja yang akan menjadi pembantunya di pemerintahan.

Lalu mengenai pertimbangan partai mana saja yang akan dilibatkan Presiden dalam komposisi kabinet yang akan datang, Jokowi yang memiliki pertimbangan. Pertimbangannya seperti apa, Jokowi yang paling tahu, kata Basarah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/10).

Dia mengatakan PDI Perjuangan mempersilakan apapun keputusan Jokowi untuk menyusun kabinet yang akan dipimpinnya termasuk di antaranya melibatkan partai di luar Koalisi Indonesia Kerja (KIK) karena wewenang prerogatif presiden.

Hal itu, menurut dia, ketika pemerintahan Presiden Jokowi melakukan agenda besar, misalnya, pemantapan kehidupan bangsa dan negara berdasarkan Pancasila yang menjadi ideologi yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat sehingga perlu melibatkan partai besar untuk ikut dalam pemerintahan.

Baca juga :