Presiden Ingin Penguatan Pertahanan Berbasis Industri Lokal

Alutsista yang modern yang bersandar pada kemampuan industri alat pertahanan di dalam negeri.
Jum'at, 22 November 2019 20:35 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17 ribu pulau, terletak di antara 2 samudra dan 2 benua, Indonesia harus mampu menjadi sebuah kekuatan regional yang baik yang disegani di kawasan Asia Timur.

Baca:Pengadaan Alutista Jangan Berorientasi Proyek

Karena itu, kita perlu melakukan penguatan pertahanan kita dengan alutsista yang modern yang bersandar pada kemampuan industri alat pertahanan di dalam negeri, kata Presiden Jokowi saat menyampaikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas) tentang Kebijakan Pengadaan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista), di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (22/11) siang.

Untuk itu, Presiden Jokowi menekankan pada penguatan industri pertahanan dalam negeri. Pertama, menurut Presiden, road map-nya harus jelas dalam pengembangan industri alat pertahanan di dalam negeri. Mulai dari hulu sampai hilir dengan melibatkan baik BUMN maupun swasta sehingga kita bisa mengurangi ketergantungan terhadap impor alutsista dari luar negeri, tegas Presiden Jokowi.

Baca juga :