Presiden Jokowi Minta DPR Jaga Keharmonisan Pusat-Daerah

Hubungan sinergis pemeritah pusat-kabupaten sebagai mitra kerja dalam rangka stabilitas ekonomi politik dan kondusivitas yang semakin baik.
Selasa, 27 Maret 2018 14:23 WIB Jurnalis - Andri Setiawan

Jakarta, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat kabupaten dapat menjaga keharmonisan antara pemerintah pusat dan daerah.

Mari kita bangun hubungan sinergis pemeritah pusat-kabupaten sebagai mitra kerja dalam rangka stabilitas ekonomi politik dan kondusivitas yang semakin baik. Kita harapkan dengan kerja sama pusat, provinsi, kabupaten dan kota negara ini memiliki peluang yang sangat besar karena dari kalkulasi dan perhitungan yang dilakukan Bappenas dan Mckenzie kita punya peluang pada 2040, kata Jokowi di hotel Grand Paragon Jakarta, Selasa (27/3).

Pria yang kembali diusung PDI Perjuangan dalam Pilpres 2019 itu menyampaikan hal tersebut dalam pembukaan Rapar Kerja Nasional II Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (Rakernas II Adkasi) 2018.

Pada 2045 negara kita dapat masuk lima ekonomi terkuat, di posisi keempat terbesar Insya Allah, pada 2030 jadi negara terbesar ke-7 dengan ekonomi terkuat dunia sekarang kita ke-16 besar dalam ekonomi di dunia. Memang ada masalah di sana sini, tapi ini tugas kita bersama dari pusat dan daerah, tutur Jokowi.

Apalagi Presiden sudah menandatangani PP No. 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD pada pertengahan 2017 lalu.

Baca juga :