Putra Nababan Minta Anak Muda Jadikan Pancasila Sebagai “ Way of Life”

Sejak kemerdekaan sampai sekarang kita-kita ini sudah terbiasa ber-Bhineka Tunggal Ika, kita sudah terbiasa berbeda-beda.
Minggu, 17 Maret 2024 21:40 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPR/MPR Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan mengingatkan kepada generasi muda di Jakarta Timur, untuk senantiasa menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup sehari-hari karena akan memberikan arah perilaku agar selaras dengan nilai luhur yang diyakini kebenarannya.

Pancasila bukan hanya sebatas dasar negara di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberadaannya turut menjadi pandangan hidup bagi bangsa Indonesia. Sebab, unsur-unsur dalam Pancasila sejatinya tersusun dari beragam pandangan hidup dari masyarakat Indonesia sendiri.

Beberapa pandangan hidup yang diadopsi dalam Pancasila antara lain nilai adat istiadat, nilai kebudayaan, dan nilai religius. Semua nilai-nilai tersebut telah melekat erat pada masyarakat Indonesia semenjak dahulu kala, kata Putra dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR di Rumah Aspirasi Jakarta Timur , Minggu (17/3).

Menurut Putra, setiap manusia mempunyai pandangan hidup dengan tingkatan berlainan dalam menentukan masa depannya. Pancasila yang dijadikan pandangan hidup berarti keberadaannya dapat memberikan arah perilaku masyarakat Indonesia agar sesuai nilai luhur yang diyakini kebenarannya.

Baca juga :