RI Harus Miliki Indeks Komoditas Nasional & Sistem Perdagangan yang Efisien dan Transparan

Hal ini diperlukan agar Indonesia punya kesempatan mengontrol harga dan volume perdagangan untuk melindungi kepentingan nasional.
Senin, 03 April 2023 23:52 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima menegaskan sudah semestinya Indonesia memiliki indeks komoditas nasional dan sistem perdagangan yang efisien dan transparan.

Hal ini diperlukan agar Indonesia punya kesempatan mengontrol harga dan volume perdagangan untuk melindungi kepentingan nasional.

Seharusnya Indonesia memiliki indeks komoditas nasional dan sistem perdagangan yang efisien dan transparan. Indeks komoditas nasional yang memuat indeks harga komunitas nasional real time, dan menjadi acuan harga pasar dunia. Hal itu sangat dibutuhkan agar posisi Indonesia akan menjadi lebih kuat sebagai price maker dunia yang juga bisa mengontrol volume serta harga komoditas tersebut sehingga dapat melindungi kepentingan nasional. Termasuk pada level petani dan produsen komoditas tersebut dapat ditingkatkan kesejahteraannya, kata Aria Bima dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Panja Komoditas dengan Ekonom, Faisal Basri di ruang rapat Komisi VI DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/3).

Baca:Indonesia Banjir Pakaian Bekas,Aria BimaTegaskan Hal Ini

Baca juga :