Tjahjo: Kita Ingin Kembalikan Fungsi Bappenas

Bappenas punya peran penting dalam merumuskan cetak biru perencanaan pembangunan nasional.
Rabu, 11 Juli 2018 14:53 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo hadir sebagai narasumber di acara Indonesia Develompment Forum yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Jakarta, Selasa (10/7).

Di forum tersebut, Tjahjo sempat membeberkan sejumlah tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mengakselerasi derap pembangunan. Tjahjo juga sempat menyinggung peran serta posisi Bappenas sebagai lembaga strategis dalam merumuskan format perencanaan pembangunan nasional.

Kita ingin mengembalikan peran dan fungsi Bappenas, untuk memastikan proses pembangunan, kata Tjahjo.

Baca: Tjahjo: Percepatan Pembangunan Era Jokowi Luar Biasa

Menurut politisi PDI Perjuangan tersebut, konsep pembangunan banyak perubahan yang terjadi. Misalnya, di zaman Bung Karno, ada program jangka pendek dan jangka panjang. Kemudian di era Presiden Soeharto, Gus Dur sampai Presiden Megawati, konsep pembangunannya juga jelas. Tapi begitu pemilihan presiden digelar secara langsung, konsep pembangunan tergantung kepada siapa yang terpilih dalam pemilihan.

Begitu pemilihan langsung, janji politik presiden, seorang bupati, seorang gubernur, begitu jadi itu merupakan program jangka pendek, jangka panjang pemerintahan, katanya.

Baca juga :