Wali Kota Risma Minta UMKM Fokus Garap Pasar Domestik

Pendapatan yang diperoleh ketika menggarap pasar luar negeri memang cukup tinggi, namun sangat rentan.
Rabu, 20 Maret 2019 22:12 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Surabaya, Gesuri.id - Walikota Surabaya Tri Rismaharini meminta kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang tergabung dalam Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda untuk fokus menggarap pasar dalam negeri. Pasalnya, pasar dalam negeri itu cukup besar.

Baca:Surabaya Akan Punya GaleriUMKMdi Liverpool

Sebetulmya pasar kita ini besar sekali. Justru kalau orientasinya keluar, saya khawatir pasar yang besar ini diambil dari luar, kata Risma.

Oleh karena itu, dalam setiap bertemu dengan pelaku UMKM pada forum tertentu, ia selalu menyarankan untuk fokus saja mengarap pasar dalam negeri. Dan tidak terlalu mengejar pasar luar negeri. Baru kalau pasar dalam negeri sudah terpenuhi bisa keluar. Jangan ngelirik ke luar dulu, tuturnya.

Diakui Risma, pendapatan yang diperoleh ketika menggarap pasar luar negeri memang cukup tinggi. Namun, hal itu sangat rentan. Enak memang dapat dolar, apalagi ada perbedaan kurs tinggi. Tapi, ini sangat rentan sekali, kena ombak sedikit saja berat. Kita memang orientasinya ke dalam negeri dulu, orang luar saja lirik kita, tegasnya.

Baca juga :