Pancasila & Bhinneka Tunggal Ika Hancurkan Politik Identitas

Jangan rusak toleransi kebangsaan dengan politik identitas.
Jum'at, 22 Maret 2019 23:11 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Ketua Umum Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak (FK PKB) Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Olly Dondokambey menegaskan pihaknya merasa terpanggil untuk memberi pendidikan politik yang berlandaskan pada toleransi kebangsaan yang merupakan wujud dari nilai luhur Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Hal itu agar masyarakat menyadari pentingnya menjaga keutuhan bangsa daripada terkotak-kotak karena politik identitas.

Baca:Pancasila Selamatkan Indonesia dari Ekstrimisme

Di tengah kegelisahan bangsa saat ini, sudah sepatutnya semangat toleransi kebangsaan dalam bingkai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika diaktualkan kembali. Jangan kita rusak toleransi kebangsaan dengan politik identitas, ujar Olly, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/3).

Sikap itu diambil terkait semakin rusaknya toleransi kebangsaan akibat politik identitas. Seruan tersebut disampaikan Olly saat menjadi pembicara kunci dalam acara diskusi publik bertema Politik dan Demokrasi dalam Kebhinekaan Bangsa Indonesia di Graha Oikoumene, Jakarta, Kamis. Diskusi menghadirkan Romo Franz Magnis dan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Jimly Asshiddiqie sebagai narasumber.

Olly juga mengatakan bangsa Indonesia kini tengah dibayangi kegelisahan karena kampanye politik identitas yang mencuat saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta, dan kian meluas menjelang pemilihan umum (pemilu) serentak pada 17 Agustus 2019.

Baca juga :